Terkini

Pages

Categories

Search

 


Polres Pangkalpinang Latih Personil, Jelang Pilkada Pangkalpinang 2018

Polres Pangkalpinang Latih Personil, Jelang Pilkada Pangkalpinang 2018

by
November 14, 2017
BAG OPS, BINKAM, POLISI KITA
No Comment

Tribratanewspangkalpinang – bertempat di Halaman Kantor Walikota Pangkalpinang berlangsung gladi latihan Sistem Pengamanan Kota Pangkalpinang yang dilaksanakan oleh Polres Pangkalpinang dan jajarannya, selasa 14/11/2017.

Gladi Latihan Sispam Kota ini dipimpin oleh Wakapolres Pangkalpinang Kompol Dadang W, seijin Kapolres Pangkalpinang AKBP Noveriko A Siregar, SIK, pelaksanaan itu sendiri Wakapolres didampingi Kabag Ops Kepala Bagian Operasional Polres Pangkalpinang Kompol Raspandi, Ssos.

Kabag Ops Kompol Raspandi, mengatakan kegiatan Gladi Latihan ini nantinya akan di laksanakan pada hari Jumat mendatang, yang bertujuan untuk melatih setiap personil Polres Pangkalpinang agar mengerti dan memahami setiap tugas yang akan dilaksanakan jelang Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang tahun 2018,”ungkap Kabag Ops Kompol Raspandi, Ssos.

Picture3 Picture1 Picture4

Kegiatan Simulasi Sispam Kota Polres Pangkalpinang dilaksanakan dengan beberapa tahapan skenario gangguan KAMTIBMAS yang dilakukan oleh Petugas gabungan Kepolisian untuk mengawal dan mengamankan jalannya pelaksaan pemilu Kepala Daerah Walikota dan wakil walikota Pangkalpinang dengan mengimplementasikan dan berpedoman kepada UU, PERPRES dan PERKAP yang meliputi UU No. 9 thn 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum, PERKAP No. 16 thn 2006 tentang Pedoman pengendalian massa, PERKAP No. 9 thn 2008 ttg tatacara penyelenggaraan pelayanan, pengamanan dan penanganan perkara penyampaian pendapat di muka umum, PERKAP No. 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian, PERKAP No 8 tahun 2009 tentang implementasi prinsip dan standar HAM dalam penyelenggaraan tugas Kepolisian, Perkap No. 8 tahun 2010 tentang tata cara lintas ganti dan cara bertindak dalam penanggulangan huru-hara, PERKAP No. 9 tahun 2011 ttg Manajemen Oprasi Kepolisian, PROTAP No. 1 tahun 2010 ttg penanggulangan anarkhi dan PERKABAHARKAM POLRI No. 1 tahun 2012 tentang Peleton pengurai massa.

Gladi Latihan Sispam Kota Polres Pangkalpinang ini dimulai dari Skenario I yaitu kampanye yang dilakukan oleh paslon Walikota dan Wakil Walikota serta terjadi aksi kericuhan dari masyarakat yang tidak setuju terhadap Paslon tersebut, dan dilakukan pengamanan wal VVIP dari para ajudan, untuk membawa pulang paslon tersebut, dan mengamanan beberapa orang propokator yang membuat kerusuhan dalam kampanye tersebut, skanario selanjutnya salah satu masa pencoblos di TPS di salah satu desa melakukan aksi protes yang mana ia tidak terpanggil dalam pencoblosan pemilukada, dan terjadi aksi protes serta dan membuat keributan.

Skanario selanjutnya terjadinya aksi unjuk rasa di kantor KPU, dari masa pendukung yang kurang puas, dan terjadi aksi lempar-lemparan dengan pihak kepolisian, kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *