Terkini

Pages

Categories

Search

 


Kapolres Pangkalpinang, Ini Solusi Agar Terhindar Dari Hoax

Kapolres Pangkalpinang, Ini Solusi Agar Terhindar Dari Hoax

by
April 2, 2018
BINKAM, HEADLINE, POLISI KITA, SAT BINMAS
No Comment

Tribratanewspangkalpinang – Kepolisian Resor Pangkalpinang saat ini terus melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk memerangi berita hoax dan ujaran kebencian dimedia sosial yang dapat berdampak bisa memecah belah bangsa.

Sosialisasi yang dilakukan salah satunya mengenai hukuman bagi penyebar hoax ataupun berita bohong yang bisa dijerat Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

DID21_PXoAAwXZF

Dalam pasal tersebut disebutkan setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar.

Terkait hal tersebut, Kapolres Pangkalpinang AKBP Iman Risdiono Septana, SIK memberikan solusi kepada masyarakat supaya tidak terjerat Undang-Undang ITE yaitu agar masyarakat memperhatikan bahwa suber berita ini dari sumber yang terpercaya, membaca keseluruhan berita jangan hanya membaca judul serta paragraf pertama karena seringkali judul dan ringkasan berita dibuat provokatif dan penulis berita untuk mendapatkan atensi pembaca, lihat keaslian gambar dan Vidio dalam berita pastikan gambar dan vidio tersebut bukan merupakan hasil dari manipulasi pembuat berita, Kritis dalam membaca berita harus melihat dari berbagai perspektif mengenai berita tersebut agar tidak mudah percaya berita hoax dimedia sosial, Senin 02/03/2018.

Kapolres Pangkalpinang AKBP Iman Risdiono Septana, SIK mengatakan untuk menghindari hukuman tersebut, masyarakat diharapkan bijak bermedia sosial yakni Sebelum Sharing atau membagikan berita agar terlebih dahulu mengetahui isi dari berita dan sumber berita tersebut,” ungkapnya.

“Kita juga selalu memberikan himbauan untuk masyarakat, kita juga mengingatkan, jangan sampai masyarakat kita terjerat UU ITE,” ungkap Kapolres AKBP Iman Risdiono Sepatana, SIK kepada anggota tribratanewspangkalpinang.

Harapan Kapolres Pangkalpinang, kepada masyarakat khususnya masyarakat Pangkalpinang agar selalu mengikuti setiap perkembangan saat ini, ikuti perkembangan yang ada dan sikapi dengan bijak.

“tahun 2018 ini merupakan Tahun Pesta Demokrasi yang sudah memasuki Tahapan Pilwako Pangkalpinang, mari bersama-sama kita jaga kondusifitas dan keamanan Kota Pangkalpinang yang kita cintai ini,” tutup Kapolres AKBP Iman Risdiono Septana, SIK.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *